Microsoft Word 2010
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang
Pada
saat ini kemajuan teknologi, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah,
terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan
manusia, yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.
Secara
tidak lansung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia
dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti aplikasi microsoft office, aplikasi
ini sangat membantu para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak
lagi. Salah satu bagian dari microsoft office adalah mincrosoft office word.
1.2.
Tujuan
Setelah
membaca makalah ini, pembaca diharapkan untuk dapat :
1. Memehami
cara memulai, menjalankan, dan mengakhiri perangkat lunak microsoft office word
2010 .
2. Mengoperasikan
fungsi menu-menu microsoft office word 2010.
3. Mengoperasikan
perintah cetak pada microsoft office word 2010.
4. Mampu
menggunakan / mengaplikasikan penggunaan microsoft office word dalam kehidupan
sehari-hari.
1.3.
Manfaat
Setelah mempelajari
makalah ini, diharapkan untuk dapat :
1. Memahami
cara mengoperasikan.
2. Mengoperasikan
fungsi menu-menu yang ada.
3. Menggunakan
fungsi mencetak hasil pengolahan.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Microsoft Word
1.
Microsoft offfice
3,0. Ternyata yang pertama dirilis adalah versi 3.0. pada versi inihanya
tersedsia untuk OS windows.
2.
Microsoft office
4.0 dirilis pada tahun 1994, berisi word 6.0, Exel 5.0,powerpoint 4.0, Mail dan Access.
3.
Microsoft office
4.3. seri ini merukan seri dengan 16 bit terakhir dan juga versi terakhir yang mendukung windows 3.x. windows
NT 3.1 dan windows NT 3.5.
4.
Microsoft office
95 atau juga dikenal dengan versi 7.0. vers ini menggunakan 32 bit agar cocok
dengan windows 95 profesional. Yang versi standar terdiri dari word 7.0 dan
Exel 7.0, powerpoint 7.0 dan schedule +7.0. versi profesional terdiri dari
semua yang ada di standar ditambah dengan access 7.0.
5.
Microsoft office
97. (office 8.0), versi ini dirilis dengan banyak fitur dan perkembangan
dibanding versi sebelumnya. Pengenalan terhadap command bar, sesuatu hal yang baru dimana menu dan
toolbar di buat lebih mirip dengan visual designya. Office 97 juga memiliki
fitur natural language sistem dan sophisticated grammar chekking. ini versi
yang pertam kalinya menggunakan office assistant.
6.
Microsoft office
2000 (offfice 9.0) pada versi ini banyak opsi-opsi desembunyikan. Tentunya opsi
tersebut juga penting, tetapi kecl penggunaannya oleh orang awam.jika ingin
digunakan opsi ini dapat dimunculkan. Salah satunya adalah macro.
Mengapadisembunyikan ?. karna dapat menyebarkan virus macro. Office 2000 adalah
persi terakhir yang dapat dijalankan di windows 95. Pada versi ini juga tidak
ada pruduct activation. Enak kan ? produk activation mulai ada di versi
selanjutnya.
7.
Microsoft office
XP. Bisa disebut sebgai versi 10.0 atau office 2002, merupakan upgrate
besar-besaran dengan banyak perkembangan dan perubahan. Office XP mengenalkan
fitur safe mode. Memungkinkan aplikasi contohnya outlook untuk bisa booting
ketika terjadi kesalahan system, seperti registry yang corrupt, lalau adanya
fitus smart tag yang memungkinkan mengingatkan user bila ada pengetikan yang
salah ejaan. Tetapi pada office ini smart tag hanya bisa digunakan di word dan
Excel. Office Xp juga terintegrasi dengan perintah suara dan pendiktean kata,
seperti sebaik mungkin seperti tukisan tangan.di pruduct ini ada juga product
activation. Office Xp mendukung windows 98, ME< NT 4.0. office Xp juga
dikenal sebagai yang pertama untuk versi office yang bisa berjalan baik di OS
vista.
8.
Microsoft office
2003 (office 11.0) sesuai namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan
fitur logo baru. Dua aplikasi juga ada yaitu, microsoft infopatch dan onenote.
Ini versi yang pertama kalinya menggunakan gaya windows XP beserta Iconnya.
Outlook 2003 memberikan fungsi yang telah berkembang seperti cerberos
authentication, RPC over HTTP, dan Cached Exchange mode. Pada versi ini juga
ada penyaring junk mail yang telah digunakan. Office 2003 merupakan versi
terakhir yang mendukung windows 2000. Versi ini juga versi yang paling
banyakdipakai di indonesia terutama untuk rental dan warnet dalam kurun waktu
terkhir 2009.
9.
Microsoft office
2007. (office 12.0) versi ini dirilis tahun 2007. Memiliki fitur baru. Juga ada
groove, sebuah aplikasi kolaborasi. Office 2007 memiliki desighn tampilan baru
yang bernama fluen user interface. Lalu ada Ribbon UI sebagai pengganti menu
dan toolbar. Untuk menginstallnya membutuhkan minimal windows XP Sp2. Pada
tahun 2009 office ini sudah banyak dipakai sekarang dan mulai menggeser
kedudukan office 2003. Indonesia memang agak lambat dalam menyesuaikan
perkembangan teknologi.
10.
Microsoft office
2010.(office 14.0)untuk sekarang sedang dalam perkembangan. Kemungkinan dirilis
adalah pada tahun 2010. Versi 13.0 dilewati karna adanya tahayul terhadap nomor
13.
2.2. Perkembangan
Microsoft
Microsoft
word atau microsoft office word adalah perangkat lunak pengolah kata (word
processor) andalan microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama
multi-tool word untuk Xenix, versi-versi lain juga dikembangkan untuk berbagai
sistem operasi, misalnya DOS (1983), apple macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2,
dan microsoft windows (1989). Setelah menjadi bagian dari microsoft office
sistem 2003 dan 2007 diberi nama microsoft office word.
Banayak
ide konsep word diambil dari bravo, pengolah kata berbasis grafik pertama yang
dikembangkan di Xerox Palo Alto Research center (PARC). Pencipta Bravo, Charles
Simonyi, meninggalkan Xeros PARC dan beralih ke microsoft pad 1981. Simonyi
juga menggaet Richard Brodie dar PARC pad 1 februari 1983, perkembangan multi
tool dimulai.
Setelah
diberi nama baru microsoft word, microsoft menerbitkan program ini pada t25
oktober 1983 untuk IBM PC. Saat tiu dunia pengelolah kata dikuasai oleh
wordperfect dan juga wordstar . word memiliki konsep “what you see is what you
get”. Atau WYSIWYG, dan merupak program pertama yang dapat menghasilkan cetak
tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang
saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word
processor berbasis DOS lain, seperti wordstar dan wordperfect, menampilkan
hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring dan
sebagainya. Word untuk macintosh, meski memiliki banyak tampilan dari versi DOS
nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dengan kode sumber
versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser,
meskipun belum ada program seperti itu yang beredar di publik. Setelah Lissa
write dan Marcwrite, microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG
kedalam program word for macintosh. Setelah Word for macintosh dirilis pada
tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari
masyarakat pengguna komputer. Microsft tidak membuat vesi 2,0 for macintosh,
untuk menyamakan versi dengan word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi
selanjutnya dari word for macintosh, adalah word 3,0, yang dirilis pada tahun
1987. Versi ini mencangkup bnyak peningkatan dan fitur baru dan memiliki banyak
bug. Dalam hanya beberapa bulan, microsoft mengganti word 3,0 dengan word 3,01
yag jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari word 3,0 dikirimi surat
yang berisi salinan word 3,01 secara gratis, sehingga menjadikan ini kesalahan
microsft paling mahal untuk di tebus pada waktu itu. Word 4,0 yang dirilis pada
tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil degunakan.
Pada
rentang tahun ini, word for windows diluncurkan. Versi pertama dari word for
windor dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 dollar amerika serikat. Dengan
dirilisnya microsoft windos 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya
terdongkrak naik, mengingat word for windows 1.0 didesain untuk windows 3.0 dan
performanya sangat uruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft
menunggu hingga merilis word 2.0 untuk mengukuhkan microsoft word sebagai
pemimpin pasar pengolah kata.
2.3. Proses Penggunanaan Microsoft Word
A. Memulai
Mengoperasikan Microsoft Word
I.
Membuka Microsoft
Word
Untuk membuka Microsoft
Word, ada beberapa cara , Diantaranya adalah :
Klik Tombol Start yang
ada di taskbar è Pilih menu all Program è Kemudian pilih è klik program aplikasi Microsoft Word 2010
.Tunggu sampai è jendela program Microsoft Word ditampilkan.
II.
Membuat Dokumen
Baru
Jika
kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung
ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak
secara otomatis menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif
dalam membuat dokumen baru.
a. Pada
jendela Microsoft Word è pilih menu File è
klik tombol New è kemudian klik
tombol General.
b. Double
klik pada icon Blank Document untuk membuat dokumen baru.
c. Jendela
siap untuk digunakan pengetikan.
Atau bisa juga
menggunakan alternatif lain :
a. Klik
tombol New Document yang ada pada baris menu.
b. Pada
jendela program Microsoft Word, dapat kita pilih menu File | New, maka
setelah kita memilih Blank Document,
dokumen kosong akan ditampilkan pada layar komputer anda.
c. Selain
kedua alternatif di atas, bisa juga dengan langsung menekan tombol Ctrl+N, maka
dokumen baru akan ditampilkan di layar anda.
III.
Membuka file yang
sudah tesimpan
a. Klik
menu File dan klik tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open.
b. Pilih
file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu.
c. Klik
pada nama file yang akan dibuka.
d. Klik
tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
IV.
Menyimpan Dokumen
a. Segera
setelah memulai pengetikan, sebisa mungkin dilakukan penyimpanan. Hal ini
dimaksudkan untuk menjaga kemungkinan kehilangan dokumen.
b. Pada
jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol Save.
c. Pada
layar akan ditampilkan kotak dialog Save. Ketikkan nama file dokumen, dan klik
Save. Lakukan penyimpanan file sesering mungkin, untuk menghindari kemungkinan
komputer padam secara mendadak.
V.
Menutup File
Dokumen
a. Setelah
menyimpan file dokumen, untuk menutup file, pada jendela Microsoft
b. Word,
pilih menu File, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup
c. file
dokumen yang sedang aktif.
d. Atau
bisa dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu.
VI.
Menutup Jendela
Microsoft Word
a. Pada
jendela Microsoft Word, pilih menuFile, klikExit, maka jendela Microsoft Word
akan tertutup.
b. Pastikan
bahwa dokumen yang telah anda ketik sudah tersimpan dengan benar.
c. Selain
dengan menu File, menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakukan dengan
menklik tombol X yang terletak di pokok kanan atas dari jendela Microsoft Word.
B. Mengetik
Dokumen Sederhana
Pada saat memulai program aplikasi
Microsoft Word , secara otomatis, dokumen baru yang masih kosong yang diberi
nama Document1 akan ditampilkan dan siap digunakan.Setiap mengetikkan teks,
teks yang Anda ketik akan muncul di posisi kursor dan kursor akan bergeser ke
kanan. Anda dapat memindahkan kusor dengan keyboard atau mouse. Jika teks yang
yang sedang anda ketik mencapai akhir dari baris, maka teks tersebut akan
dilipat dan kursor secara otomatis pindah ke awal baris berikutnya. Bila perlu
tekan tombolEn ter untuk memindahkan titik sisip ke baris berikutnya., hanya
jika anda ingin memulai pengetikan di baris baru sbelum mencapai batas kanan,
membuat baris kosong atau memulai paragraf baru.
Microsoft Word mendefinisikan sebuah
paragraf sebagai sejumlah karakter, kata, atau kalimat yang diakhiri dengan
tanda paragraf. Tanda paragraf akan disisipkan pada waktu anda menekan tombolEn
ter. Tanda paragraf ini penting untuk mengetahui di mana suatu paragraf dimulai
dan berakhir pada dokumen anda. Dalam keadaan defaultnya, tanda paragraf ini
tidak ditampilkan. Sebagai contoh, cobalah untuk mengetik surat sederhana
berikut pada Dokumen 1 yang masih kosong, dan simpan dokumen tersebut dengan
nama Undangan Training.
C. Mengedit
Teks
Jika
anda membuat kesalahan selam proses pengetikan, Anda dapat memperbaikinya
dengan berbagai cara berikut ini :
a.
Tekan tombol Backs
Space untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
b.
Tekan tombol
Delete untuk menghapus karakter di kanan titik sisip.
c.
Untuk melakukan
pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu Edit, Repeat Typing
(Ctrl+Y).
d.
Untuk menghapus
teks yang baru saja Anda ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo Typing (Ctrl+Z)
atau klik tombol Undo pada toolbar Standard.
e.
Untuk pindah ke
baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter.
D. Meng-Copy
/ Menyalin Teks
Untuk
menyalin teks yang Anda pilih ke lokasi lain, ikuti langkah berikut ini :
a. Pilih
teks yang akan Anda salin.
b. Kemudian
pilih dan klik menu Edit, Copy (Ctrl+C).
c. Tempatkan
titik sisip di lokasi baru.
d. Kemudian
pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).
E. Men-Delete
/ Menghapus Teks.
Untuk menghapus teks yang telah Anda
pilih, ikuti langkah berikut ini.
a. Pilih
teks yang akan anda hapus.
b. Kemudian
pilih dan klik menu Edit, Clear atau tekan tombol Delete.
F. Meng-Cut-Paste/Memindahkan
Teks.
Untuk
memindahkan teks yang Anda pilih ke lokasi yang baru, ikuti langkah berikut ini
:
a. Pilih
teks yang akan Anda pindahkan
b. Kemudian
pilih dan klik menu Edit, Cut (Ctrl+X).
c. Tempatkan
titik sisip pada lokasi baru.
d. Kemudian
pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).
G. Format
Teks
a.
Pilih atau sorot
teks yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai yang anda inginkan.
b.
Tempatkan titik
sisip pada posisi awal pengetikan teks,atur formatnya, kemudian ketik teks yang
Anda inginkan.
Dengan
cara ini, semua teks yang Anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan
mengikuti format yang Anda pilih sampai Anda melakukan perubahan kembali ayau
memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.
H. Mengubah
Jenis dan Bentuk Huruf (Font)
Setiap jenis dan bentuk huruf (Font)
mempunyai nama, misalnya Arial, Times, Courier, dan lain-lain. Untuk mengubah
Font dari teks yang sebelumnya adalah :
a.
Pilih atau sorot
teks yang akan Anda ubah fontnya.
b.
Pilih dan klik
font yang Anda inginkan pada tombol daftar pilihan font yang terdapat pada
baris toolbar Formatting atau tekan tombolCtrl+S h if t+F.
I.
Mengubah Ukuran
Huruf (Font Size)
Semua teks yang anda ketikkan pada
dokumen baru dengan menggunakan template Blank Document akan memakai pilihan
default font Times New Roman dengan ukuran huruf 10 point. Untuk mengubah
ukuran huruf (font size) dari teks yang sebelumnya anda ketik, ikuti langkah
berikut ini :
a.
Pilih atau sorot
teks yang akan anda ubah ukurannya.
b.
Pilih dan klik
ukuran yang anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font Size yang terdapat pada baris toolbar formatting atau
tekan tombol Ctrl+Shift+P.
J. Mengatur
Format Paragraph
Dalam Microsoft Word, paragraf
adalah segala sesuatu yang diakhiri dengan menekan tombolEn ter. Paragraf
mungkin berupa judul laporan, bagian suatu daftar, baris kosong di antara dua
paragraf, sekumpulan teks atau kalimat yang 7 mempunyai satu pemikiran. Anda
dapat mengatur format paragraf dengan menggunakan salah satu cara berikut ini :
a.
Pilih paragraf
yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai dengan keinginan anda.
b.
Tempatkan pada
titik sisip pada posisi awal pengetikan paragraf atau formatnya, kemudian ketik
paragraf yang Anda inginkan. Dengan cara ini, semua paragraf yang anda ketik
mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format yang anda pilih sampai anda
melakukan perubahan kembali atau memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain
pada dokumen.
K. Mencetak
Dokumen
Apabila
anda ingin mencetak dokumen anda, dokumen tersebut harus sudah diaktifkan atau
ditampilkan di layar. Untuk mencetak dokumen yang sedang aktif di layar, ikuti
langkah berikut ini :
a.
Pilih dan klik
menu File, Print (Ctrl+P). Kotak dialog Print akan ditampilkan.
b.
Pada tombol daftar
pilihanName, pilih dan klik printer driver yang anda inginkan.
ü Anda
dapat menentukan halaman yang akan anda cetak, dengan cara melakukan pemilihan
dan pengisian pada kotak Page Range.
ü Klik
tombol pilihan All, jika Anda bermaksud mencetak seluruh isi dokumen.
ü Klik
tombol pilihan Selection , bila Anda ingin mencetak teks yang anda pilih.
c.
Apabila anda ingin
mencetak dokumen tersebut lebih dari sati kali, isilah kotak isian Number of
Copies dengan jumlah salinan yang anda inginkan.
d.
Pada tombol daftar
pilihan Print what, pilih Document bila ingin mencetak isi dokumen.
e.
Tentukan halaman
yang akan dicetak pada tombol pilihan Print.
ü All
pages in range, bila anda ingin mencetak halaman ganjil maupun halaman genap.
ü Odd
pages, jika Anda ingin mencetak halaman ganjil saja.
ü Even
pages,
f.
KlikO K.
L. Mengakhiri
Microsoft Word
Setalah seluruh kegiatan
pengetikan, pengeditan, dan juga pencetakan dokumen selesai, maka kita dapat
mengakhiri operasi Microsoft Word setelah terlebih dahulu kita memastikan
bahwasannya dokumen sudah tersimpan dengan baik. Jika belum, maka simpanlah
dokumen yang telah anda ketik dan edit erlebih dahulu, baru kemusian keluar
dari Microsoft Word.
Untuk keluar dari Microsoft
Word, dapat dipilih di antara cara-cara berikut ini :
a. Pilih
dan klik tombol pada menu File, Exit .
b. Klik
tombol bertanda silang pada pojok kanan atas jendela Microsoft Word.
c. Tekan
Alt +F4
Dan ini adalah shortcut yang dipakai dalam Microsoft
Word buat rekan – rekan..
1. Ctrl
+ a –> Select all
2. Ctrl
+ b –> Bold
3. Ctrl
+ c –> Copy
4. Ctrl
+ d –> Edit font
5. Ctrl
+ e –> Rata tengah
6. Ctrl
+ f –> Find
7. Ctrl
+ g –> Go to
8. Ctrl
+ h –> Replace
9. Ctrl
+ i –> Italic
10. Ctrl
+ j –> Rata kiri kanan
11. Ctrl
+ k –> Insert hyperlink
12. Ctrl
+ l –> Rata kiri
13. Ctrl
+ m –> Mengatur indent kiri
14. Ctrl
+ n –> Membuat dokumen baru
15. Ctrl
+ o –> Membuka dokumen yang telah
ada
16. Ctrl
+ p –> Print
17. Ctrl
+ q –> Membersihkan format paragraf
18. Ctrl
+ r –> Right
19. Ctrl
+ s –> Save
20. Ctrl
+ t –> Mengatur hanging indent kiri
21. Ctrl
+ u –> Underline
22. Ctrl
+ v –> Paste
23. Ctrl
+ w –> Close window
24. Ctrl
+ x –> Cut
25. Ctrl
+ y –> Redo
26. Ctrl
+ z –> Undo
27. Ctrl
+ ] –> Perbesar font size
28. Ctrl
+ [ –> Perkecil font size
29. Ctrl
+ = –> Subscript
30. Ctrl
+ Shift + = –> Superscript
31. Ctrl
+ scroll ke atas –> Zoom In
32. Ctrl
+ scroll ke bawah –> Zoom Out
BAB
III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Dari uraian diatas maka
penulis mengambil kesimpulan :
1. Di
era globalisasi ini sangat di perlukan khususnya bagi pelajaar untuk menguasai
ilmu komputer seperti Ms. Office (Word, Excel dan PowerPoint).
2. Ms.
Word sebagai salah satu ilmu komputer yang paling banyak dioperasikan di
seluruh dunia.
3.2. Saran
Perkembangan
dunia di era globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan kesistem
pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu bersaing secara sehat dalam
segala bidang. Salah satunya adalah ilmu Komputer yang harus di lakukan bangsa
Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan negara-negara lain adalah
dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu.
Untuk
mewujudkan impian tersebut maka penulis merasa tugas pembuatan makalah mengenai
Ms. Word ini sangatlah penting bukan hanya bagi penulis tapi juga bagi
pembacanya. Semoga dengan adanya makalah ini kita semua lebih mengerti lagi
mengenai apa itu komputer dan Ms. Word.
DAFTAR PUSTAKA
1. http://amrizalhanif.blogspot.co.id/2013/11/makalah-microsoft-word-2010.html/
diakses pukul 20.45/ 21 November 2016
Titanium Wedding Ring - titsanium-arts.com
BalasHapusTitanium Wedding titanium nose rings Ring. A cost of titanium perfect wedding titanium ore ring for someone with a great gift. Made in China, titanium charge these wedding rings are made titanium exhaust tubing with one of the finest